3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang
Budaya Edukasi Inspiratif

3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang – Hello fellas, what’s up?!

Di artikel “3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang” gue akan membahas tentang ketiga kata ini: Tolong, Maaf dan Terima Kasih. Ketiga kata itu sering kita sebagai remaja atau siapapun melupakannya, padahal ketiga kata ini penting sih menurut gue pribadi. Dan bahkan dalam bahasa Inggris kata ini dibilang “The Magic words in English.”

Well, kenapa menurut gue juga kata itu penting? Karena gini, ada baiknya kita menanamkan sejak dini kebiasaan-kebiasaan baik seperti berkata dengan baik salah satunya.

1. Membiasakan diri untuk mengatakan “Terima Kasih”

3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

Terima kasih adalah kata untuk membalas apapun kebaikan yang orang berikan kepada kita. Kadang gini, orang gak butuh balasan dalam bentuk apapun. Tapi, kita perlu mengatakan terima kasih. Bukan karena terpaksa, tapi sebuah kebaikan bukankah harus dibalas dengan ketulusan? Meskipun hanya sebuah kata, mengatakan terima kasih dengan tulus itu sangatlah penting.

Bukankah kita juga akan lebih merasa senang ketika orang berkata terima kasih? Atau sebaliknya, meskipun kita tidak mengharapkan apapun walau hanya sebuah kata, tapi setidaknya kata terima kasih membuat kita lebih bahagia dibandingkan tidak mengatakan terima kasih sama sekali. Bisa jadi orang yang tidak mengharapkan imbalan apapun, menjadi tidak ikhlas ketika orang yang diberi kebaikan tidak mengakatan terima kasih sama sekali. Atau malah sebaliknya, ketika orang yang awalnya tidak ikhlas, dan menjadi ikhlas karena kita mengucapkan terima kasih.

Jangan sampai kata “Tidak tahu terima kasih” dilayangkan kepada kalian ya fellas! Kan kedengarannya juga gak enak. 😊  3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

2. Tidak ada salahnya mengatakan kata “Maaf”

3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

Setiap manusia siapapun itu pasti tidak luput dari kesalahan, tapi bagaimana sikap yang baik ketika kita berbuat kesalahan kepada siapapun? Atau melakukan perbuatan yang bersifat menganggu, menyinggung perasaan orang lain dan lain sebagainya.

Ketika dalam keadaan seperti itu berkata “maaf” lebih baik dibandingkan mengatakan hal lain seperti, “yaelah gitu doang padahal” atau “alah baperan banget sih lo jadi orang”. Kan kalo kita ada diposisi orang tersebut lebih enakan yang berkata maaf. Kalo gitu caranya, sudah jatuh tertimpa tangga pula, udah disakitin malah diledekin. Udah dibaperin malah ditinggalin tanpa kata. *etdaaah itumah apa. Skip guys! Hehehe.

Pokoknya, gausah gengsi mengatakan kata maaf. Setidaknya, ketika berkata maaf kamu tidak akan dicap sebagai orang yang sombong dan juga akan dihargai. Karena siapapun mempunyai hak untuk dihargai, kita juga kan fellas?.Β  3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

3. Ucapkan “Tolong” ketika membutuhkan bantuan

3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

Sebagai makhluk sosial bukankah kita ada saatnya meminta bantuan kepada siapapun? Kadang malah kita lupa berkata tolong dan terkesan memerintah.

Coba deh bandingkan dua kata sederhana ini, “Tutupin pintu itu gue dingin” bandingkan dengan ini “Bisa gak minta tolong? tolong tutup pintunya ya? Ini dingin.” Kan lebih sopan yang kedua. Tapi, masih mending sih gak bilang kata tolong sama temen, takutnya jadi kebiasaan kan? Gak baik lhoo kalo kayak gitu sama orang tua atau sama orang asing.

Meskipun di sekolah lo jadi kakak kelas, ketua osis, atau senior di kampus, dan apapun itu ada baiknya kalau meminta sesuatu apapun dilengkapi dengan kata tolong ya? Kan nggak berat juga bilang kayak gitu.

Bukan maksud gue mau ngajarin kalian ya, gue cuma sharing dan bisa juga sih ini pengalaman gue, haha. Ngerasa gak enak juga gitu kalo ada orang yang gatau pentingnya kata itu. Tapi gak apa lah ya, mungkin kebiasaannya kayak gitu atau gak tau pentingnya menghargai siapapun.

Gue bilang kan harus belajar berkata baik, dan gue pun disini pake bahasa yang gak baik sih sebenernya, lo-gue itu ga baik kan? Karena gini, kalo Lo gue = end tapi kalo aku kamu = kita. Asekkk. Bukan itu juga sih elah. πŸ˜‚ Tapi kan kalo gue pake bahasa saya anda jadinya kaku. Jadi mau pilih mana? Oke, skip ajaaa disini gue menyesuaikan, karena notabene-nya blog ini dikhususkan untuk semua remaja atau siapapun yang merasa berjiwa muda. Hehehe.Β  3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

Alternatif

Sebenernya ada kata lain selain itu, seperti permisi, bisakah anda, dan lain sebagainya. Tidak ada batasan usia untuk berbicara baik bukan? Kita harus dapat membedakan siapa lawan bicara, apakah pantas jika berbicara seperti itu, dan lain-lain. Yang terpenting, siapapun kita, dimana pun kita, belajar untuk menghargai siapapun.

Tapi, gue pernah ngalamin ini waktu sekolah dulu, ketika temen gue presentasi di kelas, kan biasa tuh kata-kata penutupnya kadang gini “Terima Kasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kesalahan. Wassalamualaikum wr.wb” Tapi saat itu juga guru yang ngajar kita langsung menginterupsi kalimat itu, beliau bilang gini “Jangan minta maaf kalau kalian lagi belajar, sebaliknya seharusnya minta koreksi. Karena wajar ketika belajar kita melakukan kesalahan.” Kita sama-sama belajar jangan meminta maaf karena melakukan kesalahan, bukankah kita sedang belajar? Intinya gitu. Tapi bukan untuk hanya dimaklumi juga. Karena kalo kesalahan dalam belajar hanya dimaklumi, kapan benernya, seharusnya dikoreksi dan diperbaiki. Kadang kan kita gak sadar apa kesalahan kita.

Dan juga ketika mengkoreksi apapun, harus pada tempatnya yaa. Dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Biasanya kalo dalam sesi presentasi di sekolah, ada sesi tambahan dan tanya jawabnya. Nah kata maaf dan terima kasih bisa diterapkan disana. Dimanapun itu sih. Hehe. 3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang

Oke segitu aja artikel kali ini mengenai 3 kata ini mulai pudar di zaman sekarang, terima kasih ya untuk kalian yang udah baca, maaf juga kadang suka gaje juga kalo gue ngetik artikel. Hmm maafkaaan.πŸ˜„

Thanks and see you fellas

 

9 thoughts on “3 Kata Ini Mulai Pudar Di Zaman Sekarang”

  1. menurut saya kata tolong gak terlalu sih, karena tergantung hubungan orang yang terkait. seperti teman deket, beda dengan orang baru dikenal, kata tolong harus memang ada sebagai sikap sopan terhadap orang tersebut.

  2. bener si, setiap kita minta bantuan orang lain biarpun itu adik sendiri, keluarga sendiri, teman, sampe stranger tetep harus bilang “Tolong” sesudahnya ya tetep harus bilang “makasih.” Kadang justru kita lupa ngomog kata itu ke orang deket kita hehe.

  3. Iya betul sekali. Saya juga sdh mulai resah dgn etika orang” skrng yg tdk bisa ucapkan minta tolong bahkan terima kasih

  4. Bener banget min.. saat ini sering terucap dengan kata2 moderen hehee , hello gaiis, nangkring yuk .. hanya skedar contoh saja ini om xixiixii

  5. Yaps bener sekali. 3 kata itu agak mulai pudar saat ini. Tapi aku seneng ketika melihat anak kecil yang sudah pintar untuk meminta maaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *