4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
Edukasi Tips & Trik

4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Hello fellas. Di tulisan pertama gue kali ini akan membahas hal penting yang lo perlu tau, kenapa gue sebut penting? Karna jurusan akan menentukan masa depan lo selama bertahun tahun. Gak kebanyang dong, lo belajar SD-SMA selama 12 tahun, dan lo harus ngejalani lagi apa itu yang namanya belajar dengan penuh keterpaksaan, dan yang ada hanya buang-buang waktu dan tentunya biaya, ketika lo diterima di salah satu jurusan universitas yang bukan passion lo. Maka dari itu gue membuat postingan yang bertajuk 4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi. Tanpa basa-basi langsung aja ke poin pertama.

1. Know Yourself (Ketahui  diri lo sendiri)

Ketika lo udah tau diri lo sendiri, kenapa harus ribet? Yaaa kadang kita ragu dalam menentukan sebuah pilihan. Dalam situasi kayak gini, penting banget lo sadar akan potensi lo sendiri.

  • Hobby——passion?

Hobi dan passion atau gairah dalam bahasa indonesia, merupakan dua hal yang berbeda. Tapi disini gue ga ngebahas tentang perbedaan itu, tapi persamaannya. Keduanya memiliki peran penting dimana lo bisa nyaman dengan hobi dan passion lo di sebuah jurusan.

Hobi adalah ketika lo ngerjain sesuatu, secara berulang-ulang dan lo nyaman akan hal itu. Bagi lo yang mungkin hobinya belajar ya kenapa musti pusing? Lo udah tau zona nyaman lo dimana, dan lo tinggal kembangin kemampuan lo.

Tapi, gak semua hobi menentukan masa depan lo. Mungkin dari lo semua yang punya hobi menggambar, lo bisa masuk jurusan Seni Rupa, DKV, Desain Interior, dll, atau di Tekniknya lo bisa pilih, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, dan yang harus lo ketahui di jurusan itu kerjaan lo selama kuliah bukan hanya sekedar menggambar. Jadi harus dengan berbagai pertimbangan dulu yaa.

Dan sebenarnya, passion maupun hobi itu bisa digali ataupun dibentuk oleh diri kita sendiri. Gue saranin ya, lo gak boleh terpengaruh dengan kata “Mungkin Jurusan ini bukan passion lo sama sekali.” Yaa emang ada benar dan ada salahnya juga sih, selama lo bisa jalani kenapa enggak kan? Passion itu bisa terbentuk karna kebiasaan.

  • Minat dan Bakat

Bagi lo yang gak tau minat dan bakat lo itu apa, itu bisa kita ketahui dengan cara mengikuti test kemampuan minat dan bakat, ya Psikotest. Tapi, selain itu kamu juga bisa konsultasi sama guru Bimbingan Konseling di sekolah. Apa salahnya kan? Guru BK juga biasanya akan siap membantu  lhoo.. karena, mereka guru BK bekerja di sekolah bukan cuma menangani anak-anak yang sering bermasalah di sekolah. Enggak.

Selain itu, jika lo terlalu malu buat konsultasi dengan orang ahli seperti psikolog, guru BK secara langsung, gue saranin lo kunjungi deh di web ini. Seriously, website itu worth it baaanget buat lo yang masih kebingungan menentukan jurusan yang lo mau.

Sebenernya gue gak usah jelasin panjang lebar lagi mengenai masalah ini, soalnya di web itu lo bisa temukan jawabannya. Dari mulai analisa cara belajar lo, karakter, minat dan bakat lo apa, potensi lo, jurusan yang cocok buat lo, bahkan pekerjaan yang cocok buat lo apa, lo bisa dapet sesuatu yang mungkin lo gabisa dapetin di web lain. Hahaha. Serius.

Selain itu disana banyak menyediakan review Jurusan, Fakultas, Fasilitas, Keuangan, dan yang lain sebagainya di setiap Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta yang ada di Indonesia. Dengan review yang langsung disampaikan oleh banyak mahasiswa di setiap PTN/ PTS tersebut. Lo harus cek sendiri.

For your information: web yang direkomendasikan itu sebuah platform yang tersedia versi trial dan juga full nya yaa, lo bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan lo.

  • Kemampuan

Gue orang yang percaya bahwa semua potensi yang kita punya itu ada pada diri kita sendiri, begitupun dengan kemampuan.

Lo harus tahu kemampuan lo dimana, lo bisa menyesuaikan sebuah jurusan ketika lo yakin lo mampu bisa jalani itu semua. Misal, ketika lo mampu di bidang IPA apa salahnya lo pilih Jurusan Kedokteran. Seharusnya lo bisa, lo pasti bisa hadapi semua rintangan apapun kedepannya. Jangan cepat mengeluh, bahkan menyerah begitu aja. Lo harus yakin akan kemampuan lo itu.

Kuncinya satu, percaya sama diri lo sendiri.

2. Pilih Jurusan Yang Sesuai Dengan Diri Lo

Ketika lo udah tau dengan diri lo sendiri, seharusnya lo gak usah bingung lagi. Misal, lo udah tau hasil psikotes lo gimana, nah lo tinggal persiapkan dengan baik untuk tes masuk perguruan tinggi. Entah itu Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Kedinasan, Politeknik, dsb. Dan bagi lo anak kelas 12 lo beruntung, persiapin dari sekarang. Waktu gak kerasa lhoo.. udah bukan waktunya lagi lo main-main. Yaa itu sih tergantung lo sendiri.

3. Pinta Pendapat Orang lain

Lo tinggal milih yaa, dan sebelum lo pilih suatu jurusan, lo harus minta pendapat orang tua lo! Karena bagaimanapun mereka lah yang bakal nanggung semua pengeluaran saat lo kuliah nanti. Ingat ya, semua itu tergantung ridho orang tua.

Meskipun lo udah percaya diri lo sendiri, apa salahnya meminta pendapat dari orang lain. Tapi kembali lagi, jika mereka masih nggak percaya dan malah menganggap remeh jurusan yang akan lo pilih atau bahkan ketinggian bagi lo menurut mereka, lo harus bisa membuktikan kalo lo bisa dan mampu.

4. Berdoa dan berusaha

Sudah seharusnya kita sebagai manusia menyadari, jika semua yang kita miliki ataupun usahakan ada pemiliknya. Yaa siapa lagi? Lo harus berdo’a pada sang pemilik.

Berdoa diberikan yang terbaik buat lo, berdoa agar apa yang lo pilih dan lo usahakan saat ini adalah pilihan yang tepat. Terakhir tinggal serahkan semuanya pada-Nya.

Bagi lo yang mau masuk PTN, ada beberapa tips nih dari kami: Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang

Ada suatu pepatah yang gue suka: Usaha tanpa Do’a itu sombong. Do’a tanpa usaha itu bohong.

 

Segitu tips dari gue mengenai 4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi, Tapi ada satu poin yang gak selalu bisa kita usahakan. Salah satunya menurut gue sih kaya poin ke-3 itu, ntar gue bahas lagi kelanjutannya. 😀

Good luck and See you fellas!.

 

9 thoughts on “4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi”

    1. Bukan cuma aku doang kok gel, hehe. Iya masih baru banget, jadi masih belajar juga yaa ini kita juga sama-sama belajar ????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.