5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience
Edukasi Tips & Trik

5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience

WHAZZUP GUYS??

Sesuai janji gue kemaren, kali ini gue bakalan share ke kalian Tips Persiapan SBMPTN based on pengalaman gue.

Tulisan ini bakalan rada panjang, jadi siapin niat, kopi, sukro, sama kiripik sampeu nya ya guys 😀

Langsung aja, ini dia tipsnya :

1. JANGAN PERNAH NIAT BELAJAR BUAT TES DOANG!!

Ini penting sepenting-pentingnya! Ampe gue CAPS LOCK tuh.

Hal ini masih buanyak banget terjadi di kalangan pelajar Indonesia. Belajar cuma buat tes, belajar biar dapet nilai bagus, belajar biar bisa ngerjain soal. Gak salah sih kalo kita sebagai pelajar mengharapkan nilai bagus, tapi jangan sampe lo ngelupain esensi dari ilmu itu sendiri. Pernah gak sih lo mikir kayak gini pas pelajaran matematika?

“Sebenernya ngapain sih belajar beginian? Intergral, limit, turunan, trigonometri, emang ada gunanya di kehidupan sehari-hari?”

Eits, jangan salah bro. Belajar begituan emang kegunaannya gak secara langsung kepake di kehidupan sehari-hari. Gak kayak belajar bikin sabun, telor asin, kerajinan, dll yang kegunaannya bisa lo aplikasikan langsung . Tapi belajar matematika bisa bikin kualitas intelektual lo meningkat. Lo bisa bikin pemecahan masalah yang keren, kreatifitas lo terasah, sampe kemampuan buat bikin jokes yang bermutu pun secara gak langsung matematika itu memengaruhi.

Begitu juga dengan cabang ilmu lain kayak fisika, kimia, biologi, sosiologi, ekonomi dll. Mereka punya esensi masing-masing yang bisa bikin otak lo makin canggih. Jadi lo mesti manfaatin masa-masa lo belajar SBMPTN sekaligus ngencerin otak lo. Lo mesti ngerasa butuh terhadap ilmu-ilmu itu (terlepas lo ngambil saintek/soshum) sehingga disaat lo gagal pun (amit-amit) lo gak bakal ngerasa kecewa soalnya lo udah dapetin benefit dari apa yg lo pelajarin.

Nah, kebetulan soal-soal SBMPTN itu menguji kemampuan lo dalam hal pemahaman konsep. Lo bakalan disuguhin sama soal-soal yang kualitasnya jauh diatas soal-soal UN. Jadi, persiapkanlah diri lo buat bertempur di medan SBMPTN nanti.

2. Jangan Cuma Ngandelin Sekolah

Sebelumnya gue mau minta maaf dulu sama guru-guru sekolah di luar sana, karena mungkin tip yang ini bakalan rada meyinggung.

Jadi gini,  gue sempet nanya sama guru pas pelajaran matematika.

“Bu, rumus itu dapetnya darimana ya?”

“Gak tau, udah darisananya”

Nah dari situ gue mikir. “Emang pak Habibie bisa bikin pesawat karena udah ada rumus bikin pesawat darisananya?”

Setelah gue telusurin (ceileehh…) ternyata pembelajaran akademik di sekolah itu cuman supaya kita bisa lulus UN. Emang sih dengan ngapalin rumus lo bisa ngerjain soal-soal UN dengan lancar dan cepet. Tapi seperti yang gue bilang di tips 1 tadi, lo gak bakalan dapet esensinya. Jadi bakalan susah kalo lo belajar SBMPTN dari sekolah doang.

3. Ngerasa guru lo gak cocok? Cari guru lain!

5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience

Ini masih berhubungan sih sama tip sebelumnya. Dan sekali lagi gue minta maaf sama guru-guru di luar sana.

Kalo lo ngerasa gak klop sama guru lo, lo bisa cari alternatif lain. Misalnya cari buku yang bagus, atau kalo lo males baca, lo bisa belajar online. Banyak loh sekarang website yang nyediain materi buat persiapan SBMPTN. Kayak zenius, quipper, atau kalo lo mau yang advance lo bisa belajar di Khan Academy. Menurut gue website yang gue sebutin itu udah cukup sih buat menunjang benefit yang gue jelasin di tip 1.

4. Banyakin latihan soal+ try out

Kalo lo udah namatin 1 bab, jangan dulu lanjut ke bab selanjutnya, banyakin latihan soal topik!

Ini berguna banget buat ngetes sejauh mana sih lo paham sama materi itu. Selain itu, banyak ngerjain soal juga bisa bikin kepekaan lo meningkat. Lo bisa ngerjain soal lebih cepet, nemu cara yang ajib, dan kalo lo nemu soal yang dipelintir lo juga bisa ngerjain itu tanpa masalah.

Latihan soalnya mulai dari yang gampang dulu aja, kalo udah ngerasa jago, lo bisa naik ke soal yang lebih susah. Btw kalo lo udah join website yang gue sebutin di tip 3, lo bisa dapetin soal-soalnya dari situ (ini bukan endorse ya).

Selain latihan soal, lo juga mesti sering try out buat manage waktu saat lo berSBMPTN nanti. Karena bahasan buat try out ini terlalu panjang, jadi gue bakalan nulis artikel tentang ini nanti

5. Teaching Is The Best Way To Learn

5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience

Jangan takut kalo orang yang lo ajarin bakalan lebih pinter dari lo. Justru dengan ngajarin orang, lo bisa dapet pemahaman yang mungkin gak bisa lo dapet kalo belajar sendiri. Gue sering tuh didatengin temen ke rumah, mereka minta diajarin buat SBMPTN. Dan hasilnya gue bisa lebih paham sama materi yang gue ajarin ke mereka.

Segitu aja tips Persiapan SBMPTN based on pengalaman gue, dan Alhamdulillah dengan gue ngelakuin hal-hal diatas, gue bisa masuk PTN yang gue idam-idamkan.

Buat lo yang masih bingung buat milih jurusan, kita udah nyiapin nih 4 Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Lo juga mesti belajar SBMPTN dari sekarang, kenapa? nih Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang

Eh, kurang panjang ya? Yaudah deh abisin kopinya terus simpen lagi sukro sama kiripik sampeu nya, hehe.

Btw gue belom sempet nyinggung masalah SNMPTN ya? Ntar deh gue jelasin kenapa jangan terlalu serius menanggapi si SNMPTN ini.

Seperti biasa kalo lo suka tulisan ini dan ngerasa orang lain juga perlu tau, silahkan share ke temen-temen lo. Terus kalo mau request atau tanya-tanya, coret-coret aja di bawah ya.

 

13 thoughts on “5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience”

  1. gud luck mas brog… Gw spmb udah berapa taon yang lalu yak..hahahahha… masih jamannya smptn..hehehhe..

    Salam Inspirasi,
    Sesuap Nasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *