Edukasi Tips & Trik

Warning!! Hal Ini Bisa Bikin Lo Gagal Tembus SBMPTN

Kemaren-kemaren gue udah share tentang Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang sama 5 Tips Persiapan SBMPTN Based On My Experience. Sekarang waktunya gua share ke lo semua tentang hal-hal yang bisa bikin lo gak lolos SBMPTN.

Sebenernya tulisan ini gue  tujuin ke anak-anak kelas 12, tapi kalo lo masih kelas 11 atau 10 atau bahkan alumni pengen ikut nyimak juga gak masalah, soalnya ini SUPER DUPER PENTING!!!

Wokeh, biar tulisannya gak panjang, mending gue langsung aja. Check this out baby 😉

1. Terlalu Berharap Sama SNMPTN

Yeah!!!

Ini nih yang sering banget kejadian. Terlalu berharap sama SNMPTN mentang-mentang rapotnya bagus, terus sekolahnya di SMA favorit, dan pas cek pengumuman…………

Itulah yang terjadi.

Nih saran dari gue. Sebagus apapun rapot lo, sebagus apapun sekolah lo, dan setinggi apapun prestasi lo, jangan pernah terlalu berharap sama SNMPTN.

Tapi kan SNMPTN kuotanya gede bang, gak salah dong kalo gue berharap :(“

Oke sodara-sodara, gue ngerti. Bukan berarti lo gak boleh sama sekali memaksimalkan peluang buat keterima SNMPTN, malah gue nyaranin banget lo buat memaksimalkan peluang lo berhasil disana. Enak loh yang bisa tembus SNMPTN, bisa nyari kosan murah (korban kosan mahal *hiks), hati jadi lebih tenang, bisa ngambis duluan biar dapet IP 4 di semester 1. Yang gak boleh itu lo berharap buat SNMPTN sampe lo lupa buat belajar SBMPTN. Sumpah men itu bahaya banget. Kenapa bahaya? Nih alasannya :

  1. Disaat lo ngeliat pengumuman SNMPTN dan ternyata gak keterima, lo cuman punya waktu kurang dari 3 minggu buat nyiapin SBMPTN. Yakali belajar SBMPTN 3 minggu wkwkwk (Baca : Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang biar ngerti) 😀
  2. Walaupun lo keterima, tapi males buat belajar SBMPTN atau ngambis (bahasa anak FTI hahahahambis 😀 ), lo bakalan sulit ngikutin alur pembelajaran di jurusan lo. Kenapa? Soalnya level soal-soal anak kuliahan (semester awal) itu kira-kira setara sama soal-soal SBMPTN. Jadi, kalo lo nyiapin SBMPTN dengan baik, gue yakin lo bakal gampang survive di jurusan lo.

Ini opini gue aja sih *kalo gak mau baca silahkan ke nomor 2*, kalo lo gak setuju juga gapapa. Jadi gini, SNMPTN itu kan ditentuin sama nilai rapot, indeks sekolah, indeks alumni, indeks wilayah sama prestasi. Semua itu kan didapet bukan hasil kerja keras lo (kecuali prestasi). Itu semua pemberian orang lain. Sebuah keberuntungan aja kalo nilai lo bagus, indeks sekolah lu bagus, alumninya banyak yang kuliah disana, sama wilayahnya deket sama univ yang lo pengen. menurut gue it doesn’t make any sense kalo gue keterima SNMPTN, ya karena mostly itu bukan hasil kerja keras gue.

Beda halnya kalo gue keterima SBMPTN, gue ngerasain perjuangannya, sampe gadang ampir tiap hari (karena sadar kalo gue bego), akhirnya gue jadinya terbiasa sama yang namanya kerja keras. Gue ngerasa kayak lagi ada di sebuah medan perang dan gua mesti ngalahin 790ribuan orang, dan gue menang. Itu tuh rasanya, sumpah, gak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Sekarang lo dah ngerti kan kenapa lo gak boleh terlalu berharap sama SNMPTN?

Prinsip gue “SNMPTN? Daftar-Lupakan!”

2. Mau perang tapi gak tau batllefield nya kayak gimana, sama belum nyiapin resources yang cukup

Mumpung masih 1 tahun lagi, pleaaassseeeee peupeujeeuuhhh buat yang lagi baca artikel ini plis banget buat perhatiin 4 hal di bawah ini :

  1. Sampe sejauh mana pengetahuan lo tentang tingkat kesulitan soal SBMPTN?

  2. Lo tau gak seberapa ketat persaingan masuk jurusan di univ yang lo pengen?

  3. Apa aja materi yang mesti lo kuasain?

  4. SEBERAPA BANYAK WAKTU YANG TERSISA?

Oke, kita bahas satu per satu

1. Perlu kalian catet bahwa soal SBMPTN itu relatif jauh lebih susah dari soal UN (apalagi kemaren di mat.ipa mucul asimtot *serem -_-). Kenapa bisa kayak gitu?

Soalnya konteks nya beda bro. Soal UN diperuntukan buat semua anak yang mau lulus jenjang sekolah, makannya disitu butuh soal buat mengevaluasi kemampuan mereka biar pemerintah tau sejauh mana kemampuan mereka. Beda halnya sama soal SBMPTN, ini diperuntukan buat seleksi. Universitas pasti pengen dong punya mahasiswa yang terbaik. That’s why soalnya dibikin susah.

Jadi buatlah dirimu “pantas” jadi yang terbaik, OK?

2. Lo bisa cek di halaman sbmptn.ac.id atau snmptn.ac.id buat informasi daya tampung dan keketatan di jurusan yang lo pengen. Tapi 1 hal yang mau gue tekenin disini adalah, saingan lo bukan angkatan lo doang men, kakak kelas lo yang lulus 2 tahun sebelum lo juga jadi saingan. Jadi ya, hati-hati aja.

3. kira-kira ini yang bakal lo hadepin di SBMPTN nanti

Lo mesti tau materi apa aja yang banyak keluar di masing-masing pelajaran, dan jangan takut buat nge-skip materi yang menurut lo susah. Ngerjain soal SBMPTN tuh gak usah semuanya lo kerjain, soalnya kalo salah nanti dapet -1. Jadi pilih aja materi yang kira-kira banyak keluar dan yang jarang keluar. Nah, yang jarang keluar ini lah yang bisa lo skip. Misal, gue waktu itu fisika nge-skip optik geometris sama relativitas khusus einstein. Selain karena gue anggap kedua materi itu susah, soal-soal tentang materi itu juga jarang keluar (tapi sialnya kemaren malah keluar *hiks)

4. Nah ini nih kenapa gue suruh baca Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang. Soalya ini penting banget buat manage waktu lo. Dengan lo belajar SBMPTN lebih awal, lo bisa ngatur jadwal belajar lo jadinya gak terlalu ketat. Lo juga masih bisa maen sama temen-temen lo, lo masih bisa serius sama pelajaran sekolah, pokoknya enak deh.

Setelah lo baca tulisan gue ini, gue harap lo bisa lebih lebih waspada. Jangan sampe deh lo ngerasain gimana rasanya ditolak SBMPTN, gimana rasanya nyesel udah nyia-nyiain waktu.

Oke deh, sekian dulu post dari gue.  Jangan bosen buat nongkrong di atmesfermuda.com ya, karena kita bakalan update artikel yang keren setiap harinya.

Baca juga :

Seperti biasa kalo lo suka tulisan ini dan ngerasa orang lain juga perlu tau, silahkan share ke temen-temen lo. Terus kalo mau request atau tanya-tanya, coret-coret aja di bawah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *