Masalah yang Mungkin Terjadi Saat Akan Masuk Perguruan Tinggi
Edukasi Inspiratif Tips & Trik

Masalah yang Mungkin Terjadi Saat Akan Masuk Perguruan Tinggi

Hello! Seperti apa yang gue bilang di postingan pertama kemaren, 4 Tipe Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi.  Gue akan membahas tentang permasalahan yang mungkin saja lo temui (semoga engga) saat akan masuk Perguruan Tinggi.

Kegalauan terbesar bagi gue dan temen-temen yang sama berjuang itu bukan tentang gebetan atau pacar dan semacamnya. Bukan zamannya lagi anak muda galau karena hal itu.  Yga sih fellasYXG! (re: ya kali ga) hahaha.

Apa sih yang jadi masalahnya? Salah satunya adalah, ketika lo gagal masuk ke Perguruan Tinggi favorit! Padahal orang tua lo bener-bener berharap lo bisa masuk.

Atau, Ketika lo merasa diri lo cocok di suatu jurusan. Dan merasa mampu di jurusan tersebut, tapi orang tua berkata lain.

Gue yakin, bagi lo yang ngerasain hal tersebut, lo bakalan setuju kalo ada orang yang bilang, ini adalah titik terberat yang pernah lo rasain sepanjang hidup lo ketika gagal masuk PTN. Menurut gue itu gak ada salahnya dan lo gak sendirian. Banyak kok orang terhempas di seluruh seleksi masuk perguruan tinggi, jadi bukan lo doang yaaa!

Sowhat should we do?

(Fyi: sebagian besar postingan ini adalah catatan buat diri gue sendiri, mungkin tamparan keras bagi gue. Haha ketawa datar)

1. Evaluasi faktor apa yang menyebabkan gagalnya masuk PTN

  • Berharap tanpa berusaha

Dalam hal ini, kegagalan itu hal yang biasa. Apalagi ketika lo berharap tanpa adanya usaha. Please jangan harap kalo gitu caranya. Banyak orang yang mati-matian belajar buat ngejar sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia, atau bahkan ngejar perguruan tinggi yang ada di luar negeri. Mereka udah beberapa langkah lebih jauh dari lo yang gak usaha sama sekali. Inget, memahami soal SBMPTN itu katanya sih se-sulit menebak perasaan cewe.

 Tapiiiii soal SBMPTN GAK BISA LO TEBAK SAMA SEKALI. Atau lo akan gagal. Gak deng. Semua sih, semua soal seleksi ngga ada yang mudah lah, setiap perguruan tinggi menginginkan anak-anak muda yang cerdas dan mau belajar untuk menjadi bagian dari mahasiswanya. Mungkin karna itu soal TKD dan TKPA pasti gak ada yang mudah.

Lo juga bisa baca ini: Alasan Kenapa Lo Mesti Belajar SBMPTN dari Sekarang

Sebenarnya, saat lo berani mengambil keputusan untuk mengejar impian lo, disaat itu pula lo harus tau resikonya

Resiko paling parah adalah KEGAGALAN. Saat diri lo merasa punya mimpi, pikiran lo pasti bilang mimpi itu harus terwujud. Tapi saat itu pula lo harus sadar, tidak semua harapan lo akan terwujud.

 Lanjut ke faktor kedua ya,

  • Terlalu percaya dengan hal yang tidak pasti

Lo tau sendiri, untuk ngejar PTN salah satunya adalah SNMPTN. Gue saranin bagi calon pejuang PTN tahun besok, lo jangan terlalu mengharapkan SNMPTN ini. Tapi jika lo lolos lewat jalur ini, lo harus bersyukur. Anggap ini hadiah buat lo yang udah kerja keras selama sekolah di tingkat SMA. (Tapi gue sih emang gak pernah berharap masuk lewat jalur ini hehe)

  • Faktor yang tidak terduga

Mungkin aja kan faktor lain, seperti kurangnya persiapan saat mau ujian SBMPTN,  tidak membawa persyaratan lengkap, pakaian yang melanggar, kertas ujian penuh kesalahan (eh), atau kesalahan secara teknis lainnya.  Atau saat lo ngerasa udah siap, tapi saat itu lo sakit sehingga gak bisa pergi ke lokasi ujian. Hmm. Karena itu bisa aja terjadi lhoo fellas.

Lanjut ke masalah ke-2. Gue ketik lagi, ini yang bener-bener gue mengalaminya sendiri.

2. Ketika orang tua berkata lain

Mungkin yang ngerasain ini bukan cuma gue ya, ketika lo udah yakin akan keputusan lo. Ada orang tua yang gak mengizinkan anaknya pergi jauh dari awal, dan ada juga yang dari awal orang tua lo mendukung penuh. Tetapi, saat waktunya tiba, seketika mama lo bilang hal yang gak pernah terduga.

Kira-kira ilustrasinya begini, (ini hanya ilustrasi)

“Udah kamu gausah kuliah jauh-jauh ya dek/kak/sayang, di kota sendiri aja yaa. Mama khawatir sama kamu.”

“Mama.. ini lho aku udah mau daftar ini.”

“Maaa aku pengen banget masuk jurusan itu ma..” “maaa..blablablabla”

Meskipun lo jawab apapun lagi seluruh alasan lo, mama lo tetep pada pendiriannya. Hingga dia bilang:

“Ngga ada alasan apapun. Mama gak ngizinin kamu pokoknya titik.”

Dan jleb-nya lagi di kota sendiri gak ada jurusan yang lo mau sama sekali.

Padahal tetangga dan kerabat lo aja ngedukung buat lo kuliah di tempat impian lo. Haha.  Percayalah, keikhlasan lo disini benerbener diuji.

Gak ada solusi lain, saat itu gue juga down secara mental (cielah). Tapi iya, gue benerbener harus ngubur semua impian gue yang udah kebayang-bayang dan bahkan gue ngerasa hati gue udah ada di lingkungan universitas impian gue itu. Haha apaan. Yaa daripada nggak diakui anak sama sekali nantinya.  Hehe. Becanda deng.

Mau nekad? Kembali pada diri lo masing-masing.

Pengalaman gue pribadi ya, dan gue berhasil move ondari masalah ini. Gue ngelakuin hal ini:

  1. Pertama sih, mencoba ikhlas aja mungkin ini yang terbaik. Awalnya emang sulit sih.
  2. Coba pikirin lagi, tujuan lo kejar yang lo pengen apa, mungkin lo cuma gengsi karena temen lo juga masuk univ itu. Dan buang pikiran lo gak bakal sukses kalo lo gak kuliah disitu. Buang jauh-jauh dah. Semua itu tergantung pada diri masing-masing, tergantung lo mau berusaha apa enggaknya.
  3. Serahkan semua sama yang ngatur. Gak ada lagi. Minta buat diberi  keikhlasan, dan jangan sampe lo malah musuhin ortu lo pas mereka gak izinin lo, jangan sampe lo gak bersyukur dan malah menyalahkan takdir. Ingetapa yang lo anggap baik, bukan berarti yang terbaik buat lo. Dan apa yang lo anggap buruk bisa jadi itu yang terbaik buat lo.
  4. Berusaha terbuka dengan lingkungan baru lo, yang nantinya lo bakalan mengenyam ilmu disana. Apa salahnya, tambah terus tali pertemanan dengan orang-orang baru. Dan mungkin lo akan mulai sadar, lo cocok dengan mereka. ????????????

Setelah gue lakuin semua hal diatas, gue sih ngerasa awalnya kesulitan banget. Nyesek bro lihat orang posting instagram dengan twibbon almamater yang gue mau. Haha. Selebihnya sih sekarang udah yakin, ini yang terbaik buat gue. (Iykwim)

[Catatan penting!]

1. Gagal masuk PTN/PTK favorit bukan akhir dari segalanya, lo tetep manusia kok. Gak mengubah lo jadi apapun yang membuat harga diri lo turun, selama lo mau berusaha (lagi).

2. Kesuksesan tidak ditentukan oleh masuk atau tidaknya lo di Perguruan Tinggi favorit.

3. Jangan berhenti berusaha, tetaplah menjadi pejuang dimana pun kamu akan mengejar ilmu, meskipun di tempat yang sama sekali gak pernah lo inginkan.

Tips dari gue buat lo yang mau ikut seleksi manapun tahun depan: Manfaatkan internet sebaikbaiknya buat lo yang mau ikutan seleksi apapun itu, saran yaa, lo bisa bergabung dengan grup-grup SBMPTN/SNMPTN/Seleksi lainnya di Line maupun Facebook. Karena itu akan sangat membantu. Seriusan, nanti lo akan punya temen sharing sesama pejuang lainnya. Biasanya itu berguna banget, dan lo akan punya teman di berbagai daerah lhoo!

Terakhir banget, mungkin hari ini gue terlalu banyak basa-basi yaa. Cmiiw (correct me if i wrong) yaaa. Disini gue juga sambil belajar, jadi lo jangan sungkan buat mengkoreksi atau jika mau menambahkan juga silahkan. ???? 

Sekian postingan gue kali ini, tentang Masalah yang Mungkin Terjadi Saat Akan Masuk Perguruan Tinggi.  See you fellas!

13 thoughts on “Masalah yang Mungkin Terjadi Saat Akan Masuk Perguruan Tinggi”

  1. yang penting harus punya motivasi dari diri yang membuat semangat untuk kuliah… Saran ane sih klo memang masih diberi kesempatan kuliah, fokus kuliah dulu, jangan mengejar uang semata dengan kerja serabutan, ntr yang ada penyesalan di kemudian..hehhe…

    Salam Inspirasi,
    Sesuap Nasi

  2. Sebenarnya klo gagal masuk PTN/PTK Favorit, masih buaanyak Kampus lain yang juga berpotensi, dan biaya nya lebih murah.

    Kampus gw dulu waktu gw masuk masih belum favorit, namun memiliki Akreditasi B (Di Kalimantan gak ada yg A, B udah terbaik disini) saat sekarang menjadi Kampus Swasta Terbaik ke-2 se-Kaliimantan versi Kopertis… Nah jadi bangga juga kan.

  3. iya, waktu itu gua jga bertikai ama ortu gua, dia lebih milih kalo gua tuh di jurusan kesehata, tpi gua maunya di gamers gitu, kuliah di korea, ada jurusan gamers haha

  4. Kalau mau masuk PTN favorit yah harus belajar serius, kalau cuman main- main. Saya ada situs belajar SBMPTN terkenal, coba saja zenius.com, saya belajarnya di situ barangkali ada yang mau belajar. Mantap video modulnya, dijelaskan secara rinci plus banyak soal- soalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.