Sebenernya "DRONE" Itu Apa Sih?
Tekno Trending

Sebenernya “DRONE” Itu Apa Sih?

Yo, WHATS UP?

Eh, sekarang malam minggu ya? yaudah deh, buat lo yang lagi malam mingguan silahkan dilanjut (baca dulu artikel ini tapi, hehe), jangan lupa pulangnya kahade, hatinya dijaga, otaknya dipake (?), eh.

Langsung aja deh, pada malam minggu yang indah ini gue bakalan bahas tentang Miskonsepsi Kata “Drone”.

Lo tau gak, sebenernya dulu drone itu punya masa lalu yang kelam? *hiks. Mereka sering digunain di perang dunia I buat nerbangin bom sampe banyak warga sipil yang kena dampaknya. Tapi sekarang drone udah banyak digunain buat hal-hal positif dari mulai nganterin barang, sampe bikin light show kayak di konser lady gaga.

Sebenernya "DRONE" Itu Apa Sih?

Kita semua setuju kalo drone itu termasuk pesawat tanpa awak (UAVs), mereka bisa kita kendalikan pake remot kontrol atau pre-programmed software. Mereka juga bisa nge-handle barang, salah satunya yang sering digunain adalah kamera. Tapi sekarang banyak banget yang nyangka bahwa semua UAVs adalah drone, padahal beda banget.

Sebenernya drone itu kayak gini.

2 kondisi dimana UAVs bisa dibilang drone

According to [Dictionary.com] sebuah UAVs bisa dibilang drone kalo dia punya 2 kondisi. Yaitu mereka bisa (1) “navigate autonomously, without human control” ATAU (2) “beyond line of sight.”

Oke, gini penjelasannya.

  1. Navigate autonomously, without human control
    Salah satu contoh dari autonomous flight adalah pre-plane flight. Drone bakalan terbang sendiri ngikutin GPS yang udah diatur SEBELUMNYA, jadi dia gak perlu lagi di-navigate saat dia terbang.FYI : Sekarang banyak drone yang udah dilengkapi fitur return-to-home. Jadi dia bakalan kembali ke tempat semula setelah selesai menjalankan tugasnya.
  2. Beyond line of sight
    Ini nih yang rada ngebingungin. Beyond line of sight flying maksudnya dia bisa terbang secara independen dengan jangkauan yang luas. Dia mampu nangkep sinyal sendiri buat ngelakuin tugasnya. Kemampuan ini biasanya digunain buat aksi penyelamatan.

Perbedaan Drone dengan UAVs

Dari definisi diatas, sekarang lo udah tau kan kalo gak semua UAVs adalah drone.

Sebenernya "DRONE" Itu Apa Sih?radio-controlled (RC) airplanes 

Kita ambil aja  contoh radio-controlled (RC) airplanes. RC bisa dikategorikan sebagai drone, karena dia udah ngedukung fitur independent dan extended flight, such as GPS dan autonomous flight modes. Tapi RC ini gak bisa kita bilang drone sepenuhnya, karena buat ngeaktifin fitur autonomous flight-nya mesti diatur dulu.

Lain halnya sama yang satu ini.

Mungkin ini gambaran yang pertama kali muncul di kepala lo ketika denger kata “drone.” Well, kita gak bisa bilang ini drone karena dia masih dikendaliin pake remot kontrol, dan dia juga belum mendukung 2 kondisi diatas.

Sekarang udah jelas ya gak semua UAVs itu bisa disebut drone. Jadi gak boleh lagi ya bilang kalo pesawat tanpa awak yang suka digunain buat foto-foto namanya drone. Selama mereka belum punya kemampuan buat autonomous flight.

Oke, segitu aja artikel tentang miskonsepsi kata “drone”. Semoga bermanfaat dan bisa nambah pengetahuan lo akan teknologi. Jangan bosen buat nongkrong di atmesfermuda.com  karena kita bakalan update artikel yang keren setiap harinya.

Ini artikel terbaru yang udah kita bikin. So, check this out :

Seperti biasa kalo lo suka tulisan ini dan ngerasa orang lain juga perlu tau, silahkan share ke temen-temen lo. Terus kalo mau request atau tanya-tanya, coret-coret aja di bawah ya.

One thought on “Sebenernya “DRONE” Itu Apa Sih?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *