Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab
Inspiratif Islami Tips & Trik

Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab

Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab – Menutup aurat bagi setiap perempuan muslim yang sudah balig itu adalah kewajiban. Namun banyak dari mereka yang enggan mengenakan jilbab. Alasan nya sih ada bermacam-macam, ada yang beranggapan bahwa dirinya kurang baik sehingga tidak pantas untuk berjilbab, ada juga yang beranggapan bahwa jilbab itu ribet, bikin gerah, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa jilbab itu untuk menutupi aurat bukan semata-mata untuk memperlihatkan bahwa “akhlak saya ini baik loh!” atau bahkan supaya lebih terlihat fashionable. Jadi, buat kalian yang masih berfikir bahwa jilbab itu hanya untuk orang-orang yang akhlak nya baik, lebih baik hapus aja deh fikiran itu.

Dan perlu diingat bahwa jilbab bukan karena fashion tapi karena kewajiban. Namun pada dasarnya dengan jilbab menunjukan bahwa kita ingin memperbaiki diri supaya lebih baik lagi.

Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab

Nah disini saya akan berbagi Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab, yaitu:

1. Kenal dan Fahami Hukumnya

Pasti sudah tahu kan kalau menutup aurat itu hukumnya wajib bagi setiap muslim perempuan yang sudah balig. Untuk lebih kenal dan faham bisa membaca artikel atau buku-buku mengenai jilbab dan islam.

Allah SWT berfirman:

Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukmin. “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S Al-Ahzab [33]:59)

2. Berteman dengan Teman yang Sudah Berjilbab

Saat berteman dengan yang sudah mengenakan jilbab secara tidak langsung kita akan mendapat nasihat dan pencerahan yang dapat menguatkan hati untuk berjilbab.

Rasululloh bersabda:

Seseorang itu terletak pada agama teman dekatnya, sehingga masing-masing kamu sebaiknya melihat kepada siapa dia mengambil teman dekatnya. (HR Tirmidzi, Abu Dawud, A-Hakim, Al-Baghawi)

3. Bulatkan Niat Untuk Berjilbab

Niat berjilbab haruslah semata-mata karena ingin mendapat Ridho dari Allah SWT. bukan untuk dipandang bahwa kita ini lebih baik atau bahkan untuk terlihat fashionable.

Menggunakan jilbab syar’i secara langsung mungkin akan sulit bagi sebagian orang, tapi jangan putus asa kita bisa memulai nya dari hal-hal kecil dulu seperti menggunakan pakaian yang lebih sopan. Dengan cara itu insyaalloh cepat atau lambat kita akan mulai terbiasa menggunakan jilbab, dan hati kita akan semakin siap untuk menggunakan jilbab syar’i.

4. Lebih Sering Datang Ke Majlis Ilmu

Datang ke Majlis Ilmu itu menyenangkan loh, apalagi kalau penceramahnya menggunakan bahasa yang santai. Di Majlis Ilmu kita bisa bertemu dengan teman-teman yang lebih soleh, bertukar cerita pengalaman hidup, dan yang terpenting di Majlis Ilmu kita akan mendapatkan pengetahuan agama.

Dengan sering datang ke Majlis Ilmu semoga tidak hanya badan saja yang dijaga dari maksiat, tapi semoga mata, dan hati kita juga terlindungi dari perbuatan maksiat.

Bila engkau cantik, biarlah karena hijab.

Bila engkau mulia, biarlah karena ketaatan.

Bila Allah berkenan, mudah-mudahan engkau dianugerahkan kehormatan.

Nah, cukup sekian Tips Memantapkan Hati untuk Berjilbab dari saya, semoga bermanfaat dan tetap Istiqomah ya ukhti. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.