Yuk Lebih Dekat Dengan Tasikmalaya
Budaya Hiburan Jalan-Jalan

Yuk Lebih Dekat Dengan Tasikmalaya

Yuk Lebih Dekat Dengan Tasikmalaya

Jawa Barat adalah salah satu Provinsi yang cakupannya cukup luas di Indonesia. Dan jangan salah di daerah Jawa Barat juga banyak kota yang memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Nah, untuk  kali ini kita akan lebih mengenal tentang daerah Tasikmalaya yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat.

Ada apa aja sih di Tasikmalaya?

Mari kita simak lebih lanjut !

OBJEK WISATA ALAM TASIKMALAYA

Objek wisata di Tasikmalaya tidak kalah bagusnya degan objek wisata di daerah lain, di Tasikmalaya juga banyak objek wisata yang sangat menarik dan bisa dijadikan destinasi wisata yang harus kamu kunjungi setiap libur panjang. Berikut beberapa objek wisata di Tasikmalaya  yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Karang Tawulan

Objek wisata Karang Tawulan merupakan Pantai yang asri nan indah. Secara administratif lokasi Pantai ini berada di Cimanuk Kecamatan Cikalong Tasikmalaya, sekitar 90 kilo meter jika ditempuh dari pusat kota serta akan melewati daerah Sukraja dan Cipatujah, bila para pengunjung sudah tiba di Pantai ini, maka akan terlihatlah pemandangan yang mencolok yaitu sebuah Pantai berkarang yang landai, sejauh mata memandang di pantai Karang Tawulan yang terlihat hanyalah karang yang menjulang yang diterpa ombak laut selatan.

 

 

2. Pantai Sindangkerta

Sindangkerta merupakan objek wisata  pantai pasir putih dan ombak yang menggulung yang terleak di Tasikmalaya. Lokasinya kurang dari 20 km dari arah timur Pantai Cipatujah, tepatnya di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya. Pesona keindahan Pantai ini sangat menarik, terutama jika Pantai sedang surut, disana akan terlihat hamparan batu karang dan tak jarang pula biota laut dapat kita temukan disana, selain keindahan pantainya terdapat juga taman laut yang tak kalah mengesankan dan merupakan tempat tinggal  bahkan tempat penyu bertelur.

Para pengunjung juga dapat melihat penyu secara langsung yang terrdapat di penangkaran penyu.

 3. Situ Gede

 Salah satu Destinasi wisata alam di Tasikmalaya yang menawarkan keindahan panorama alam Danau, disana juga terdapat pemandangan yang tak kalah indahnya dengan danau di daerah lain, di tengah  situ juga terdapat pulau kecil  yang dijuluki dengan “Pulau Nusa”  yang dapat di kunjungi dengan menaiki rakit. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota tepatnya di Kecamatan Mangkubumi kota Tasikmalaya.

 

 

 

 4. Kebun Teh Taraju

Perkebunan teh yang luasnya mncapai 8.027 hektar,  yang berlokasi  di Desa Banyuasih Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya yang berjarak sekiar 47 km dari pusat kota. kebun teh taraju memiliki potensi sebagai tempat wisata yang sangat bagus. Pemandangannya tak kalah indah dengan Puncak Bogor atau kebun teh  Ciwidey di Bandung, banyak aktivias yang dapat di lakukan di  kebun teh ini diantaranya: penelitian, camping, foto-foto, tea walk dan menyaksikan secara langsung proses pengolahan teh di pabrik teh PT.Nusamba.

 

 

5. Gunung Galunggung 

Salah satu objek wisata ini, kini tak asing lagi di telinga, Gunung Galunggung sering sekali di kunjungi para pengunjung dari daerah manapun, tak salah pada saat libur panjang objek wisata ini sangat padat pengunjung,  jika berkunjung ke gunung galunggung pengunjung akan di suguhi dengan pemandangan yang asri  dan cocok untuk  sekedar menyejukan mata dan menenangkan fikiran sejenak. Di objek wisata ini tidak hanya di nikmati dari puncak nya saja,  pengunjung juga bisa turun ke bawah mengikuti rute untuk melihat kawah gunung galunggung dari dekat, dan  disana juga di lengkapi dengan fasilitas pemandian air panas.

 

6. Curug Dengdeng

Wisata air terjun yang meanrik yang berlokasi di Desa Cikawung Gading Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Ciri khas dari curug ini adalah mempunyai area kolam air yang tenang dan tentunya juga bisa di gunakan untuk berenang. Untuk mengakses lokasinya juga sangat sulit, Pengunjung harus melewati jalanan yang berbatu dengan menggunakan kendaraan bermotor dan di lanjutkan dengan jalan kaki dengan menyusuri lembah.

 

 

WISATA KULINER TASIKMALAYA

1. Nasi Tutug Oncom (TO)

Tutug oncom atau sering di sebut nasi TO merupakan makanan yang tak asing  lagi di telinga masyarakat, makanan khas Tasikmalaya ini sangat cocok dinikmati untuk menu sarapan ataupun makan siang. Rasanya yang gurih yang ditemani dengan lauk dan sambal yang pedas dapat menggugah selera makan,  jika berkunjung ke Tasikmalaya, disana anda  akan  menemukan tempat wisata kuliner seperti Restoran, Saung Lesehan, atau Warung Nasi yang menyediakan menu makanan lezat ini.

 

 

 

 

 

2. Nasi Liwet

Makanan yang satu ini tidak  pernah di ragukan lagi, semua orang pasti sering mendengar bahkan menikmatinya, rasanya yang gurih, ditambah taburan ikan kenaren di atas nasi, dilengkapi dengan lauk pauk, sambal dan lalapan semakin menggugah  selera makan anda. Jika anda berkunjung ke Tasikmalaya, anda dapat menemukan menu ini di Restoran atau Saung Lesehan.

 

 

3. Nasi Cikur

Menu makanan khas lainya di Tasikmalaya yang bisa anda coba adalah nasi cikur. Nasi cikur ini mempunyai cita rasa khas yang mungkin tidak bisa anda dapatkan di tempat lain.

 

 

 

 

 

 

4. Cilok Goang

Jajanan kolaborasi antara cilok dan sup ayam ini sangat banyak diminati oleh masyarakat luas, rasanya yang gurih, jika di tambahkan sambal goang yang khas menambah kelezatan jajanan yang satu ini,

 

 

 

5. Seblak

Jajanan yang satu ini sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat luas kuhususnya para remaja, rasanya yang pedas menambah sensasi kelezatan makanan ini, makanan ini akan lebih nikmat jika di temani dengan minuman segar seperti es teh atau minuman segar lainnya.

 

 

 

6. Tahu Bulat

Tahu bulat merupakan makanan yang akhir-akhir ini booming di Indonesia, namun tahukah anda bahwa tahu bulat ini merupakan makanan yang khas dari Tasikmalaya, rasanya yang lezat gurih dan akan lebih nikmat jika dimakan dengan cabe rawit dan saos sambal. Tidak dipungkiri lagi  bahwa tasikmalaya memang sudah terkenal akan produksi tahu yang lezat.

 

 

 

KERAJINAN KHAS TASIKMALAYA

1. Kelom Geulis

Kelom geulis merupakan sebutan untuk alas kaki atau sendal khas Tasikmalaya, kelom geulis termasuk kerajinan khas Tasikmalaya yang sanga unik, dikarenakan dalam pembuatan motif dari kelom geulis ini menggunakan motif batik dan bunga dengan cara diukir. Ukiran motifnya bisa dibilang handmade, karena tidak menggunakan mesin saat membuat motifnya. Bahan dasar utama kelom geulis ini adalah kayu mahoni, damar, atau albasia yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita, untuk sentra pengrajin kelom geulis ini berada di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

 

 

2. Kerajinan Mebeul

Tasikmalaya juga terkenal dengan kerajinan mebeulnya, kualitas yang dihasilkan oleh para pengrajin tak kalah bagus dari  hasil kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin dari  kota lain yang sudah terkenal seperti mebeul kayu Jepara. Beberapa hasil kerajinan yang banyak  diproduksi adalah furnitur rumah tangga, seperti kursi, meja,lemari, ranjang, dan lainnya. Sentra pengrajin mebeul ini berada di  daerah Sindangkasih Kecamatan Cibereum Tasikmalaya.

 

 

 

3. Bordir Tasikmalaya

Salah satu usaha daerah yang menjadi andalan dari Kota Tasikmalaya adalah usaha kerajinan Bordir atau lebih terkenal dengan sebutan Bordir Tasik. Sudah tidak ada yang meragukan kualitas yang dihasilkan para pengrajin Bordiran dari daerah Tasikmalaya. Salah satu tempat di Tasikmalaya yang terkenal dengan Bordirannya adalah terdapat di Kecamatan Kawalu tepatnya berada di Kampung Saguling.

 

 

4. Batik Tasikmalaya

Mungkin batik Tasikmalaya ini kurang populer dari daerah lain seprti batik dari Yogyakarta, Madura, Cirebon dan lainnya. Batik Tasik memiliki corak yang menunjukan kesan kesederhanaan, pluralis dan terbuka juga memperlihatkan kesan imut  sebagai gambaran umum wanita sunda. baik asik mmiliki corak yang nik dan khas, namun batik tasik ini  tidak dapat ditemukan di daerah lainnya. Perbedaan dengan  batik lainnya di Jawa Barat adalah dari segi warnanya yang dominan lebih terang.

 

Motif batik yang sangat popuelr ada 3 jenis yaitu:

  • Motif Corak Payung

  • Motif Corak Bunga/tumbuhan

  • Motif Corak Hewan

Sentra pengrajin batik Tasikmalaya berada di daerah Cigeureung, Desa Nagasari Kecamatan Cipedes Tasikmalaya.

5.  Anyaman Rajapolah

Rajapolah adalah nama Kecamatan yang berada di Utara Tasikmalaya, perjalanan dari Kota Tasikmalaya, Rajapolah terkenal dengan mesjid megah yang bernama mesjid Itceu,  bukan hanya masjid Itceu, Rajapolah juga terkenal dengan produksi  kerajinan anyaman, kerajinan anyaman ini berbeda dengan anyaman dari daerah lain, perbedaannya yaitu dari segi bahan, warna, dan bentuk anyamannya. terdapat brbagai macam Produk anyaman seperti, anyaman keranjang, aneka anyaman tas yang cantik serta berbagai olahan anyaman lainnya yang terbuat dari bambu. Tidak hanya anyaman bambu, disana juga dijajakan aneka cinderamata khas Tasikmalaya lainnya yang akan menarik untuk dijadikan oleh- oleh untuk keluarga tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. Jika anda melintas ke Rajapolah, maka tepat di sepanjang jalan raya Rajapolah yang menghubungkan antara Kota Tasikmalaya dengan Kota Ciamis dan Garut Kamu akan menemukan berbagai macam aneka kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu.

6. Payung Geulis

Payung yang terbuat dari bahan kayu dan bambu halus kemudian penutupnya menggunakan kertas yang dihias dengan berbagai motif yang menggambarkan kearifan lokal dari Kota Tasikmalaya. Payung geulis ini merupakan icon yang menggambarkan kota Tasikmalaya, kini payung geulis hanya di gunakan saat upacara adat atau acara pernikahan, namun anda juga dapat mengoleksinya sebagai hiasan untuk mempercantik suasana rumah.

 

 

7.  Kerajinan Mendong

Yuk Lebih Dekat Dengan TasikmalayaKerajinan ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu produk yang khas dari Tasikmalaya. Kerajinan yang berbahan baku tanaman mendong ini pada awalnya hanya dignakan untuk membuat kerajinan tikar saja, tapi seiring perkembangan zaman kini mendong di gunakan untuk membut berbagai macam kerajinan seperti, tas, topi, dompet, kotak perkakas serbaguna, figura, toples bahkan sekarang perlengkapan kantor pun terbuat dari bahan baku tanaman mendong.

Kerajinan mendong ini tidak hanya dipasarkan di dalam Negeri saja, bahakan sampai ke Manca Negara. Pusat pengrajin mendong yang ada di Kota Tasikmalaya tersebar di Kecamatan Purbaratu, Cibereum, Tamansari, Indihiang, Cineam, Karangnunggal, Gunung Tanjung, Cikatomas dan Salopa. Tapi daerah yang sudah diakui oleh pemerintah setempat sebagai pengarajin Mendong adalah yang ada di Kecamatan Purbaratu.

Mungkin cukup sekian postingan saya hari ini, Jika masih penasaran dan di hati  anda masih bertanya-tanya  “ada apa aja sih di Tasikmalaya?“, kalian bisa mengunjungi Tasikmalaya secara langsung, kalau belum sempat kalian  bisa bertanya lewat kolom comment dibawah, Semoga dapat menambah wawasan anda 🙂 jangan lupa like and share yakk 😉 ,  see you and happy holiday !!

13 thoughts on “Yuk Lebih Dekat Dengan Tasikmalaya”

  1. Buset dah, bagus2 banged lokasi pariwisatanya. Pada hijau semua. Udah jenuh am kota nih, pengen kehidupan yang lebih baru. Semoga bisa.
    Jajananya murah2 gk tauh gan?hehehe

  2. Oh itu ya kota Tasikmalaya, hmm sepertinya keren banget tuh, apalagi itu alamnya :d bolehnih sekali sekali kesitu ah 😀

  3. oh iya untuk tempat wisata masih banyak lagi, apalagi seputar curug/air terjunnya, karena masih belum banyak orang yg tau, dan alam nya pun masih terjaga. Semoga wisata tasik makin di kenal. Thanks gan udah review kota ane haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.